Mengetahui Kandungan Gizi & Manfaat Ikan Gurame



Ikan Gurami Mie Ayam Mahmud Medan
Ikan gurami (Osphronemus gouramy) adalah salah satu ikan air tawar yang sangat populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan ini umumnya dikenal sebagai gurami, ikan ini juga memiliki beberapa sebutan lokal seperti gurame; grameh; kapan; kali ikan dan lainnya.



Ikan gurami memiliki tubuh yang lebar dan datar. Panjang tubuh 2,0-2,1 kali tinggi badan; panjang total tubuh bisa mencapai 1.000 mm. Sirip perut dengan jari pertama pendek adalah duri dan jari kedua yang membungkuk panjang seperti cambuk. Dorsal fin formula (dorsal) XI-XIV (jari atau duri keras) dan 12-14 (jari lembut); sementara anal (anal) X-XI dan 20-23.



Gurame adalah hewan omnivora dengan diet unik. Sebagai seorang anak, gurame cenderung karnivora dengan memakan kutu air, larva nyamuk, cacing sutra, cacing darah, dan hewan kecil lainnya. Ketika mereka remaja, mereka lebih suka makan daun seperti daun talas / talas / sente, daun pepaya, daun kale, daun singkong, daun ubi jalar dan daun lainnya.



Klasifikasi ikan gurame adalah sebagai berikut:



Kerajaan: Animalia



Filum: Chordata



Kelas: Actinopterygii



Order: Perciformes



Keluarga: Osphronemidae



Genus: Osphronemus



Spesies: Osphronemus goramy



Manfaat & kandungan gizi gurami sangat baik, sebenarnya bukan hanya ikan gurami, tetapi ikan lain seperti ikan gurami, kebanyakan ikan memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Di bawah ini adalah beberapa kandungan nutrisi & manfaat ikan gurame.



Berisi protein dalam jumlah besar

Menurut penelitian gurami memiliki kandungan protein sebesar 19%, lebih tinggi dibandingkan ikan lele, nila, dan ikan gurami, yang berkisar antara 18,2%, 16,1% dan 16%. Ikan adalah sumber makanan yang kaya protein, bahkan jumlah protein yang Anda dapatkan dari mengkonsumsi ikan ini jauh lebih besar daripada makan daging. Meski daging juga memiliki protein yang cukup tinggi, jika dikonsumsi secara berlebihan dampaknya tidak baik, karena juga mengandung lemak tinggi. Sebaliknya, ikan gurami ini mengandung kandungan lemak rendah hanya sekitar 2,2% sementara daging 10%.



Menjaga Kesehatan Kulit

Ikan ini mengandung protein dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Mengonsumsi ikan adalah salah satu langkah untuk menjaga kulit Anda tetap halus.



Ganti sel yang rusak

Setiap hari sel-sel dalam tubuh kita rusak, dan ini bisa sangat berbahaya jika itu terjadi terus menerus, oleh karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein. Protein adalah sumber zat yang dapat menggantikan sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Jika Anda mengkonsumsi ikan gurami ini, Anda secara otomatis memenuhi protein yang dibutuhkan tubuh Anda.



Mencegah Penyakit Kwarsiorkor

Penyakit kwarsiorkor biasanya terjadi pada anak-anak yang mengalami kekurangan asupan protein, dan biasanya menyerang anak-anak berusia 1-3 tahun. Ciri-ciri anak yang terkena penyakit ini adalah pertumbuhan badan yang tidak optimal, tungkai dan lengan yang tipis, wajah yang tampak bengkak dan tonjolan perut. Anak-anak yang terkena penyakit ini biasanya mengurangi nafsu makan mereka, di bagian tipis rambut dan jika itu dihapus dengan mudah dan tidak merasa sakit.



Bagus untuk Pertumbuhan Balita

Balita benar-benar membutuhkan asupan protein tinggi, dan mereka mendapatkannya melalui susu yang dikonsumsi. Tetapi beberapa kasus balita mengalami kesulitan minum susu dan ini secara otomatis mengurangi asupan protein mereka. Jika asupan protein berkurang, maka pertumbuhannya tidak optimal dan mempengaruhi tingkat kecerdasan. Jika ada kasus seperti itu, mungkin Anda bisa menggantinya dengan memberinya makanan dari ikan gurami ini.



Mencegah Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang biasanya terjadi ketika usia sudah tua, terguramiuk penyakit degeneratif terguramiuk penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan kanker. Penyebab beberapa penyakit yang sangat berbahaya adalah penumpukan kolesterol jahat yang tidak terkendali. Sumber makanan yang memiliki nilai kolesterol tinggi adalah kerang, udang, sapi potong, dll. Agar nutrisi dalam tubuh Anda terjaga, makanan pengganti yang memiliki gizi tinggi tetapi rendah kolesterol sangat dibutuhkan. Misalnya ikan gurami ini, karena memiliki kandungan protein yang tinggi dan mengandung kolesterol sangat rendah yaitu 55 mg / 10gr.



Cegah Marasmus

Marasmus adalah penyakit yang terjadi ketika malnutrisi terjadi pada balita usia 0-2 tahun. Anak-anak yang terkena penyakit ini biasanya memiliki tubuh yang sangat tipis seperti tulang yang dibungkus kulit tetapi perut buncit seperti kwashiokor. Penyebab penyakit ini adalah kurangnya asupan makanan yang sudah basi



Membantu pertumbuhan otot

Kandungan protein ikan gurami sangat tinggi, selain membantu pertumbuhan otak, protein juga memainkan peran penting dalam pembentukan otot pada anak-anak.



Cegah Cachexia

Cachexia adalah penyakit serius yang berkaitan dengan kekurangan protein. Orang yang terkena penyakit ini biasanya mudah merasa lelah, meskipun orang tersebut hanya melakukan aktivitas ringan. Gejala terguramiuk penipisan otot, penurunan berat badan yang tidak normal, bahkan lebih buruk lagi dapat memicu kanker di organ-organ usus, hati dan perut.



Sumber energi

Selain mengandung protein tinggi, ikan gurame juga mengandung asam amino esensial yang berguna sebagai pengganti energi dari bagian tubuh yang rusak. Dan juga sumber energi selain karbohidrat dan lemak.



Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan protein dari gurami digunakan oleh tubuh sebagai elemen fibrinogen dan tromboplastin yang berfungsi untuk membantu pembekuan darah di bagian tubuh yang terluka. Ketika ada luka, darah akan menetes keluar, dan pada saat itu tubuh membutuhkan sistem pembekuan darah untuk menghentikan darah dari luka. Dalam hal ini thromboplastin berfungsi untuk membekukan darah dan fibrinogen membantu pembentukan jaringan baru untuk menggantikan jaringan yang rusak. Dengan stimulus fibrinogen ini, penyembuhan luka akan lebih cepat.



Itulah yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini mengenai kandungan gizi dan manfaat ikan gurame. Tidak ada salahnya untuk selalu mengkonsumsi ikan setiap hari, mengingat manfaat baik yang terkandung dalam tubuh kita, serta gurame yang sudah kita ketahui tentang manfaat di atas. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer