Bepergian ke Indonesia - Flores

Saat bepergian untuk jangka waktu yang lama, seperti setahun, hampir tidak mungkin untuk merencanakan secara terperinci semua tempat yang ingin Anda kunjungi. Ketika pacar saya dan saya bepergian, kami memiliki gagasan yang cukup kuat tentang semua negara yang kami tuju untuk bepergian tetapi kami tidak tahu persis ke mana kami akan pergi ketika kami sampai di sana. Terkadang keputusan untuk mengunjungi tempat tertentu datang bersamaan perlahan dan bertahap.

Flores di Indonesia adalah contoh yang bagus untuk ini. Kami semula berniat melakukan perjalanan di Indonesia selama 2 minggu. Saya belum pernah mendengar tentang Flores sebelum memulai perjalanan kami, apalagi niat saya untuk pergi ke sana. Kemudian pada suatu titik, entah bagaimana, saya mulai belajar tentang tempat ini bernama Flores. Kemudian saya mendengar travel juanda ke malang tentang pemandangan atau kegiatan tertentu yang menarik orang. Kemudian sebuah ide mulai terbentuk: bagaimana jika saya pergi ke Flores? Apa yang harus dilakukan di sana? Bagaimana saya bisa sampai di sana? Berapa lama saya perlu di sana?

Dan ketika jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini menyatu, Anda memiliki keputusan yang mudah: kita akan ke Flores!

Rencana

Kami membuat rencana untuk terbang dari Bali ke kota Maumere di sisi paling timur pulau Flores. Dari Maumere kita akan pergi ke desa Moni dan mengunjungi gunung berapi Kelimutu (ini adalah pengait asli yang menarik perhatian kita - sebuah gunung berapi dengan 3 danau kawah dengan berbagai warna di puncaknya.) Dari Moni kita akan terus menuju barat sampai kita tiba di barat kota pelabuhan Labuan Bajo di ujung barat pulau. Dari sini kita akan kembali ke Bali melalui laut dan entah bagaimana mengunjungi pulau-pulau Komodo.

Kesenjangan dalam Rencana

Yang tidak kami ketahui adalah bagaimana kami akan melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat sementara di pulau; di mana kita akan tidur dan seperti apa biaya akomodasi dan kualitasnya; seperti apa makanan di Flores; dan apakah orang berbicara bahasa Inggris. Selain Kelimutu, kami benar-benar tidak tahu apa lagi yang bisa dilihat dan dilakukan.

Hanya mengikuti arus

Terkadang Anda hanya harus mengikuti arus dan melihat apa yang terjadi. Dan inilah yang kami lakukan di Flores. Kami tahu dari penelitian online bahwa ada bus dari Maumere ke Moni tetapi pesawat kami akan tiba setelah waktu keberangkatan bus. Jadi ketika kami tiba di bandara kami bernegosiasi dengan sopir taksi untuk melihat harga seperti apa yang bisa kami dapatkan untuk Moni. Kami berhasil menurunkan harga hingga setengah dari penawaran aslinya dan saya merasa ini terlalu bagus untuk ditolak. Kami juga mengira itu akan menyelamatkan kami dari membayar untuk satu malam di Maumere supaya kami bisa naik bus keesokan harinya. Sopir taksi kemudian memberi tahu bahwa dia tinggal di Moni, jadi dia bisa kembali dengan mobil kosong atau setidaknya membuat sesuatu dari kami.

Gunung Berapi Moni dan Kelimutu

Pagi berikutnya kami bangun jam 4.30 pagi dan berangkat ke Kelimutu, sementara hari masih gelap, di belakang dua sepeda motor yang dikendarai oleh penduduk setempat. Kami mengikuti jalan sejauh itu dan kemudian harus memarkir dan berjalan sepanjang jalan, minus penduduk setempat. Senja mulai pecah saat kami berjalan menaiki Volcano menuju puncak. Di atas kami memeriksa ketiga danau dan beristirahat sambil menunggu kilasan pertama matahari terbit di cakrawala.

Setelah kami merasa cukup di sana dan senang bahwa kami telah mengambil cukup banyak foto keren, kami mulai mundur. Kami memutuskan untuk berjalan kembali ke Moni untuk mengalami dan menikmati suasana dan lingkungan setempat. Itu berjalan travel juanda ke malang jauh tapi kami benar-benar menikmatinya. Dari berbicara dengan supir taksi malam sebelumnya, kami tahu ada bus yang pada suatu pagi akan membawa kami ke desa berikutnya. Namun, tidak ada seorang pun di Moni yang dapat mengatakan dengan pasti kapan bus akan melewatinya dan sebaliknya kami naik ke taksi bersama dan membayar harga yang mirip dengan harga bus. Kami keluar di kota berikutnya dan sekali lagi menanyakan waktu bus berikutnya ke Barjawa. Sekali lagi, setelah berdiri di sekitar untuk sementara diberi tahu banyak waktu yang berbeda untuk bus, kami memutuskan untuk naik taksi bersama.

Barjawa

Ini beberapa jam ke Barjawa. Kami meminta sopir taksi untuk menurunkan kami di wisma. Namun, yang dia turunkan tidak memiliki air panas, jadi kami mencari alternatif. Kami menemukan satu yang kami sukai tetapi yang ini juga tidak memiliki air panas. Kami agak yakin bahwa air panas bukanlah norma di Flores. Saat sarapan pagi berikutnya kami benar-benar tidak tahu apa yang akan kami lakukan sementara di Barjawa atau apa yang harus dilihat. Kami bertanya kepada orang yang bekerja di resepsionis hotel apakah dia punya ide dan meminta kami duduk sementara dia memanggil temannya. Beberapa menit kemudian seorang pria muncul menanyakan apakah kami ingin melakukan tur Barjawa dan daerah sekitarnya. Dia menjelaskan rencana perjalanan dan mengutip harga yang kami pikir masuk akal dan begitu, begitu ia memanggil pasangan untuk datang bersama dengan sepeda motor lain,

Siang hari kami pergi mengunjungi keluarga yang membuat anggur aren di mana kami harus memanjat pohon aren dan mengumpulkan jus aren sebelum diberi penjelasan tentang metode produksinya.

Kami selanjutnya mengunjungi sebuah desa tradisional kecil di mana penduduk setempat masih hidup dengan hukum dan ritual tradisional mereka sendiri dan telah diberikan dispensasi khusus oleh pemerintah untuk melanjutkan kehidupan dengan cara ini. Kami mencoba mengunyah pinang. Kami telah melihat orang-orang mengunyah ini di banyak bagian Asia, barang-barang yang mengubah seluruh mulut pengunyah menjadi merah, tetapi kami tidak pernah tahu apa itu. Kami tidak menyukainya.

Kami kemudian pergi ke desa tradisional lain, yang bahkan lebih tua. Tempat ini sangat keren dan memiliki tampilan dan nuansa pemukiman suku yang selalu saya impikan untuk dikunjungi. Yang benar-benar saya sukai dari tempat-tempat ini adalah bahwa mereka belum (belum) menjual budaya mereka dengan menjadi turis dan dolar turis. Tidak ada warung norak dan tidak ada harapan tip atau membagikan. Orang-orang diam-diam pergi tentang bisnis mereka karena pengunjung dengan sopan memiliki sedikit usil di sekitar.

Setelah mengunjungi desa kami berkendara beberapa kilometer ke lokasi beberapa sumber air panas alami. Kami pernah ke mata air panas 'alami' yang sebelumnya terasa seperti milik di resor atau pusat rekreasi dan karenanya tidak terasa sangat alami sama sekali. Mata air panas alami yang dibawa oleh pemandu kami ke kami tidak bisa lebih alami. Terselip di hutan Anda bisa segera melihat bahwa mereka belum diubah atau dimanipulasi oleh tangan manusia sedikit pun. Kami makan siang dan bersenang-senang bermain di mata air panas (sangat).

Labuan Bajo (Flores Barat)

Setelah bersenang-senang di Barjawa, kami naik taksi bersama (kami menyerah untuk naik bus) ke kota pelabuhan utama Labuan Bajo. Labuan Bajo relatif dekat dengan pulau-pulau Komodo (sebenarnya beberapa naga masih hidup di sebagian kecil Flores itu sendiri) dan begitu banyak kapten menawarkan perahu mereka untuk membawa orang-orang dalam perjalanan wisata ke pulau-pulau tersebut. Pariwisata mulai berkembang karena semakin banyak orang mengetahui hal ini. Dengan ini muncul pengembangan infrastruktur wisata, yang meskipun tidak ada di seluruh Flores, menjadi jelas di Labuan Bajo. Ada tempat yang bagus untuk menginap, restoran yang menawarkan hidangan barat dan kopi yang enak dan ada banyak agen wisata yang mencari uang dari pengunjung asing.

Kami memesan perjalanan kami untuk mengunjungi Komodo Dragons bersama perusahaan Perama. Perahu ini akan membawa kita jauh-jauh dari Flores ke Lombok, berhenti di beberapa pulau.